Rabu, 05 Maret 2008

Rahasia Menjadi Entrepreneur Muda: Pertama dan Satu-Satunya

Dear Sahabat,

Berikut saya posting ulasan menarik dari Master Trainer E.D.A.N, Bapak Ikhwan Sopa, mengenai isi buku perdana saya "Rahasia Jadi entrepreneur Muda".

Terima kasih Pak Sopa atas ulasan yang benar-benar E.D.A.N ini.

Salam,
Faif

*Rahasia Jadi Entrepreneur Muda: Pertama dan Satu-Satunya
*Sumber: Rahasia Menjadi EntrepreneurMuda<http://milis-bicara.blogspot.com/2008/02/rahasia-menjadi-entrepreneur-muda.html>

Ulasan ini adalah tentang sebuah buku bisnis yang baru saja dirilis yaitu"Rahasia Menjadi Entrepreneur Muda". Saya tidak terlalu berani menuliskan"pertama dan satu-satunya di dunia" walau kenyataannya mungkin sekali begitu.

Buku ini sangat bermanfaat bagi Anda, jika Anda adalah entrepreneuratau ingin menjadi entrepreneur. Isinya sangat inspiratif, dan mampu mendongkrak semangat entrepreneurship Anda.

Ditulis dengan gaya yang sederhana, amat sederhana, sehingga Anda tidak akan menemui berbagai istilah teknis bisnis atau entrepreneurship. Didalamnya Anda akan menemukan bukan saja rahasia bisnis semata, melainkan juga rahasia hidup sebagai pebisnis.

Buku ini adalah tentang profil lebih dari 20 pebisnis muda yang sedang menjalani hidupnya sebagai pebisnis full time, sedang menggiring danmenyeret dirinya untuk terjun menjadi entrepreneur, sedang berjuang keras membangun kerajaan, sedang menghitung-hitung hari panen, atau sedang berleha-leha menikmati mesin uang yang terus bergemirincing.

Dari keseluruhan profil yang diungkapkan dalam buku ini, belum satupun memang, yang sudah menjadi konglomerat kelas nasional. Tapi di sinilah letaknya keunikan buku ini, jangan terlalu kaget jika sebentar lagi mereka akan "dicap" sebagai konglomerat nasional atau bahkan internasional.

Apa yang tertuang di dalam buku ini adalah salah satu reality show bisnis terbaik yang bisa Anda nikmati, pelajari, amati, tiru, dan modifikasi.Beribu pelajaran akan bisa Anda petik dari semua profil pebisnis muda dalam buku ini.

Di tulis oleh Faif Yusuf <http://faifyusuf.blogspot.com/>, yang sebenarnya adalah salah satu profil pebisnis muda yang juga pantas diungkapkan dalam buku ini. Dengan rendah hati, Mas Faif justru menarik dirinya keluar dari sana, dan kemudian menjadi "pemerhati" yang dengan sengaja meminjam kacamata Anda.

Seperti yang telah diuraikan di dalam buku ini sendiri, pendekatan yang digunakan memang berbeda. Berbeda dari berbagai buku bisnis lain, yang biasanya memprofilkan pebisnis besar atau jawara internasional, buku ini justru mengambil berbagai pelajaran dari para pelaku bisnis muda di tanah air, yang jika mengambil istilah untuk bayi, "sedang lucu-lucunya".

Judulnya yang mengutipkan kata "rahasia", tak bisa dipungkiri lagi memang tepat. Betapa tidak, berbagai rahasia yang dibeberkan dalam buku ini, bukanlah rahasia bisnis sebagaimana yang biasa ditawarkan kepada Anda.Semuanya, adalah resep-resep taktis dan membumi, dari para pelaku bisnis yang kondisi nyatanya tidak jauh berbeda dari apapun kondisi Anda saat ini.Sedekat itulah Anda dengan rahasia bisnis mereka.

Anda, hanya tinggal selangkah lagi untuk bisa menyusul mereka.Buku ini sama sekali tidak berjarak dengan Anda. Sehingga, sangat mungkin akan memprovokasi Anda untuk langsung menerjuni dunia entrepreneur tanpa keraguan lagi, atau membuat Anda menjadi tidak sabaran untuk segera lebih serius dan lebih menekuni bisnis yang sedang Anda geluti sekarang.

Semua rahasia dalam buku ini sangat membumi. Semua rahasia, tidak digali dengan pendekatan yang formal dalam bentuk riset khusus, tidak juga dengan wawancara resmi, atau cara-cara yang pernah Anda ketahui sebelumnya. Inilah yang sesungguhnya menjadi "rahasia".

Penggalian berbagai rahasia bisnis ini, dilakukan dengan "hidup bersama"antara penulis dengan semua profil yang ada. Ukurannya bukan hari, minggu, atau bahkan bulan. Penulis sudah bergaul cukup erat dan rapat dengan semua profil dalam buku ini, setidaknya untuk satu atau dua tahun sebelum menuliskan buku ini.

Dengan pendekatan demikian, isi buku ini merupakan tumpahan berbagai pengalaman, keluh kesah, suka-duka, temporary defeats, dan berbagai keberhasilan yang diceritakan lewat proses informal. Lewat pintu inilah berbagai rahasia terkuak dan terbuka. Rahasia yang membumi, aplikatif, dan sangat dekat dengan posisi Anda detik ini! Anda buktikan saja sendiri nanti.

Bagaimana ini bisa dilakukan? Anda baca sendiri, nanti Anda akan mengetahui. Berikut adalah tips-tips dari saya sebelum Anda membaca buku ini. Tips-tips ini juga menjadi alasan bagi saya untuk mengatakan bahwa buku ini adalah pertama dan satu-satunya.

1. Buku ini adalah pertama dan satu-satunya yang menggabungkan fenomena bisnis online dan offline, yang menggabungkan dunia nyata bisnis dengan dunia virtual bisnis.

2. Buku ini adalah buku pertama dan satu-satunya yang cukup lengkap menguraikan proses real life dari lahirnya para pebisnis muda, yang memulai bisnis mereka dari nol, dari kenekatan, dari keterpaksaan, dari tekad dan kemauan keras, dari cita-cita untuk lebih sukses, dari keterjepitan, dari hobi dan kesenangan, dari ketidaksengajaan, dari kebetulan, dan dari status awal sebagai pegawai pada pihak lain.

3. Buku ini adalah buku pertama dan satu-satunya, yang memungkinkan Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan semua profil pebisnis muda yang diungkap dalam buku ini, dan bahkan dengan penulisnya sekalipun. Penulis buku ini, dan setiap profil pebisnis di dalam buku ini memiliki setidaknya satu atau beberapa blog atau alamat situs internet yang bisa Anda kunjungi.Keberadaan secara online ini memungkinkan Anda bisa belajar lebih jauh kepada mereka.

4. Buku ini adalah buku pertama dan satu-satunya, yang ditulis berdasarkan kehidupan nyata yang interaktif dan saling mendukung di antara sesama profil yang ada dalam buku ini, yang terjadi di dalam sebuah komunitas pebisnis muda.

5. Buku ini adalah buku pertama dan satu-satunya, yang bisa mencerminkan kondisi nyata dan real time dari kehidupan bisnis para entrepreneur muda dalam buku ini. Anda bisa melihat, mendengar, merasakan, dan berinteraksi dengan mereka atau dengan penulisnya, dalam kondisi bisnis mereka yang masih di awal, sedang berkembang, atau sudah mulai menuai keberhasilan. Anda bisa berinteraksi dengan mereka secara online, offline, atau langsung bergabung dengan komunitas mereka. Sebuah interaksi antara Anda, penulis, dan para pemeran, yang tidak Anda dapatkan dari buku bisnis lain.

6. Rahasia-rahasia bisnis di dalam buku ini, sebagian besar terkait dengankata-kata kunci berikut.*
- Internet
- Blog
- Offline
- Online
- Komunitas
- Networking
- Mastermind
- Berkat...
- Berbekal...
- Berangkat dari...
- Berawal dari...
- Mulai saat itu...
- Sampai akhirnya...
- Akhirnya...
- Potensi
- Walaupun...
- Breakthrough
- Belajar dari...
- Tidak kapok
- Berbulan-bulan
- Memutuskan
- Tidak jarang...
- Terinspirasi...
- Meskipun...
- ...lah-

Dalam mengembangkan bisnisnya...
- Fokus...
- Bermula dari...
- Keputusan
- Memutuskan...
- Selain...
- Salah satu...
- Kesabaran...
- Bertekad...
- Rencana ke depan...
- Hal ini...
- Sadar akan...
- Yang penting, ...
- ... untuk terus...
- Kegigihan...
- ... tetap ...
-Denga modal ...
- pentingnya ...
- Di samping itu ...
- Justru
- Salah satu ...
- Ketertarikan ...
- ... selalu berusaha ...

*Bacalah sekali lagi ulasan ini sebelum Anda membaca bukunya. Jika perlu, buatkan print-out dari kata-kata kunci pada point nomor 6 di atas, kemudian siapkan stabillo, lalu mulailah membaca.

Saat Anda menemukan kalimat atau paragraf yang mengandung kata-kata kunci di atas, tandai atau beri stabillo agar Anda bisa melakukan percepatan.

Ketahuilah, semua kata-kata kunci di atas bermuara hanya pada satu hal,yaitu ACTION.

Semoga bermanfaat.
*Ikhwan Sopa*
Trainer E.D.A.N.
+62 21 70096855
QA Communication*School of Motivational Communication
*http://milis-bicara.blogspot.com/

Tidak ada komentar: