Rabu, 05 Maret 2008

Muliadi : Kelas Penuh Warna

Dear Sahabat,

Alhamdulillah, buku "Rahasia Jadi Entrepreneur Muda dijadikan salah satu rujukan untuk mata kuliah kewirausahaan di UNIBI Bandung. Berikut posting dari Bapak Muliadi Palesangi, seorang dosen sekaligus entrepreneur sukses di kota Bandung.

Terima kasih buat Pak Muliadi, semoga sukses selalu menyertai Bapak.

Salam,
Faif

Kelas Penuh Warna


Tadi malam, adalah hari pertama kuliah kewirausahaan 3 (Rencana Bisnis) untuk kelas karyawan. Tercatat ada 13 orang yang hadir. Mereka datang dari beragam background. Mulai dari spesialis IT sampai spesialis barcode. Dari SPG sampai kasir. Dari Administrator sampai Marketer.

Penuh warna, meskipun mereka semua berasal dari kelas Teknik Informatika.Satu hal yang membuat saya selalu senang sharing tentang kewirausahaan adalah saya jadi nambah teman baru. Di kelas ini misalnya, ada mas Diki yang sudah malang melintang di bisnis hardware khususnya barcode. Ada Mbak Irma yang sekarang masih kerja di Sosro Bandung, punya jaringan yang luas. Sambil kerja mbak Irma juga menjalankan usaha sendiri (Bugs Earth), bisnis yang bergerak dibidang event organizer dan Agency spesialis SPG.

Waaah... ini link yang bagus nih. Kebetulan teman-teman saya lumayan sering ngadain event pameran di Bandung dan biasanya mereka butuh tenaga SPG. Selain itu ada mas Adi yang kerja di Rangkas (Outlet Barang Bekas). Ini juga teman yang bakal seru nih, teman2 saya dari Makassar kalau main ke Bandung banyak yang suka berburu barang second hand.

Kuliah perdana, biasanya masih perkenalan: materi, aturan main, dan tentunya saling kenal secara personal. Jangan pernah lupakan, bahwa networking adalah nyawa dari bisnis. Dan ini bisa dimulai dari kelas.

Oh iya, di kuliah ini saya juga mereferensikan buku Mas Faif "Rahasia Jadi Entrepreneur Muda"Buku ini menurut saya, bisa membantu para mahasiswa yang punya keinginan berwirausaha tapi tidak tahu harus mulai dari mana. Apalagi seperti kelas karyawan ini, yang notabene mereka masih TDB (Tangan di Bawah) alias masih jadi karyawan.

Buku mas Faif, cerita tentang profil temen-temen di TDA (Tangan di Atas), yang telah berhasil menyiasati segala keterbatasan dan melakukan Action yang inspiratif.Setiap kali ngajar di kelas saya juga selalu selipin cerita tentang komunitas TDA dan saya ajak mereka untuk bergabung di komunitas yang luar biasa ini.

Karena, saya pribadi merasakan positifnya bergabung di sana. Apalagi sekarang ada TDA-Bandung, wuiih bakalan makin seru nih. Saya rencananya akan "memboyong" mahasiswa saya tuk datang di acara2 offline TDA-Bandung. Biar satu frekuensi dan saya dikelas tinggal mentoring. :-)

Semoga ini awal yang baik bagi kelas ini tuk bersama menebar rahmat.

Tidak ada komentar: